Rukun Rukun Wudhu dan Tata Cara Berwudhu

Tags

Wudhu merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membersihkan diri dari hadas kecil. Secara umum, wudhu berarti kegiatan membasuh sebagian tubuh tertentu dengan air dengan tata cara yang sudah ditentukan oleh syari'at untuk menghilangkan hadas kecil. Wudhu biasanya dilakukan sebelum melaksanakan shalat, karena salah satu dari syarat sah shalat adalah badan harus bersih dari hadats kecil yang bisa dihilangkan dengan berwudhu. Selain shalat, wudhu juga dilakukan sebelum menjalankan ibadah lain seperti membaca Al-Qur'an atau i'tikaf di masjid. Wudhu juga memiliki banyak manfaat dan keutamaan lain, di antaranya mampu meredakan emosi dan amarah. 

Sebagai umat Islam, kita tentu harus tahu mengenai tata cara berwudhu yang baik dan benar. Jika sampai cara wudhu kita salah, maka akibatnya bisa fatal karena bisa mempengaruhi keabsahan ibadah yang akan kita lakukan selanjutnya. Oleh karena itu, terdapat rukun wudlu yang harus kita ketahui agar wudhu kita menjadi sah. Rukun rukun wudhu tersebut ada enam perkara yang dimulai dengan niat. Berikut akan kami tampilkan rukun rukun wudhu selengkapnya serta penjelasan dan juga pengertiannya.

Rukun Rukun Wudhu dan Tata Cara Berwudhu

Rukun Rukun Wudhu


1. Niat Wudhu

Wudhu diawali dengan niat. Niat wudhu berarti kita harus bersungguh-sungguh dalam menjalankan wudhu. Adapun bacaan niat wudhu adalah sebagai berikut.


نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى


"Nawaitul wudluu-a liraf'il hadatsil ash-ghari fardhilan lillaahi ta'aala"

Artinya : Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil karena Allah"

2. Membasuh Muka

Rukun wudhu kedua adalah membasuh muka atau wajah. Batas-batas muka adalah mulai perbatasan muka dan rambut di kepala sampai bagian dagu hingga dari telinga kanan ke telinga kiri. Disunnahkan juga untuk membasuh muka sebanyak tiga kali sesuai anjuran dari Rasulullah SAW.

3. Membasuh Kedua Tangan

Rukun wudhu berikutnya adalah membasuh kedua tangan. Batasan dari membasuh tangan yaitu dari ujung jari hingga di atas siku. Dianjurkan untuk mulai membasuh tangan kanan terlebih dahulu dibandingkan tangan kiri. Sunnah lain yaitu membasuh tangan sebanyak tiga kali.

4. Membasuh Sebagian Kepala

Rukun wudhu selanjutnya yaitu membasuh sebagian kepala. Caranya yaitu dengan mengusap sebagian area kepala atau rambut dengan air. Disunnahkan juga untuk melakukannya sebanyak tiga kali.

5. Membasuh Kedua Kaki

Rukun wudhu kelima adalah membasuh kedua kaki. Batasan dari membasuh kaki adalah jari jari kaki sampai sedikit di atas mata kaki. Sunnah membasuh kaki yaitu mendahulukan kaki kanan dan membasuhnya sebanyak tiga kali.

6. Tertib

Rukun wudhu terakhir adalah tertib. Hal ini berarti wudhu harus dilakukan urut sesuai rukun wudhu dan tidak boleh dilakukan secara acak.


Itulah informasi 6 rukun rukun wudhu serta penjelasannya masing-masing. Sebagai umat muslim, tentu kita harus mengetahui mengenai fardhu fardhu wudhu di atas agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Selain itu kita juga harus menggunakan air yang suci dan mensucikan untuk digunakan wudlu. Sekian info kali ini, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon