Sunnah Sunnah dalam Shalat yang Dianjurkan

Tags

Shalat merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Shalat adalah rukun Islam kedua dan juga termasuk tiang agama. Shalat termasuk ibadah paling utama bagi seluruh muslim. Melaksanakan shalat lima waktu hukumnya wajib, yaitu shalat shubuh, shalat dhuhur, shalat asar, shalat maghrib dan shalat isya. Artinya, jika kita meninggalkan salah satunya, maka kita akan mendapat dosa. Sudah sepantasnya bagi kita untuk tidak meninggalkan shalat dan melaksanakannya sesuai waktu yang ditentukan.

Sebagai muslim, kita juga harus mengetahui mengenai syarat syarat dan rukun shalat. Rukun shalat merupakan hal hal yang harus dilakukan agar sholat kita sah sesuai dengan syari'at Islam. Selain itu, juga ada beberapa sunnah shalat. Sunnah sunnah shalat ini merupakan hal hal yang dianjurkan dilakukan dalam shalat. Artinya, kita akan mendapat pahala jika kita melakukan sunnah sunnah shalat ini, namun jika tidak dilakukan tidak apa-apa. Berikut sunnah sunnah dalam shalat dan penjelasan lengkapnya.

Sunnah Sunnah dalam Shalat yang Dianjurkan


Mengangkat kedua tangan

Mengangkat kedua tangan saat takbir hukumnya sunnah. Hal ini sesuai denganr riwayat Ali bin Abi Thalib. Kita disunnahkan juga untuk mengangkat kedua tangan saat takbiratul ihram, ruku', bangkit dari ruku' dan saat bangkit setelah dua kali sujud.

Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri

Saat bersedekap, kita dianjurkan untuk mendahulukan tangan kanan. Artinya, kita disunnahkan untuk meletakkan tangan kanan kita di atas tangan kiri kita. Hal ini dilakukan saat posisi berdiri dalam mendirikan shalat.

Mengarahkan pandangan ke tempat sujud

Saat sedang shalat, kita diharuskan untuk khusyu dalam menjalaninya. Kita juga disunnahkan untuk mengarahkan pandangan kita ke tempat sujud. Hal ini berdasarkan keterangan al-Baghawiy dalam kitabnya, Syarh as-Sunnah:

Membaca doa iftitah

Setelah takbiratul ihram, kita disunnahkan untuk membaca doa iftitah. Doa iftitah ini dibaca tepat sebelum membaca surah Al-Fatihah. Doa iftitah hanya disunnahkan dibaca pada rakaat pertama dalam shalat.

Membaca ta'awudz

Kita juga disunnahkan untuk mengucapkan lafadz ta'awudz tiap kali akan membaca surat Al-Fatihah. Adapun makna dari bacaan ta'awudz adalah 'Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk'.

Membaca Amin

Kita disunnahkan untuk membaca amin tiap kali setelah selesai membaca surat Al-Fatihah. Sunnah ini berlaku baik saat sedang shalat sendiri atau pun saat sedang shalat berjamaah, baik sebagai imam atau makmum.

Membaca surat pendek

Hukum untuk membaca surat surat pendek setelah surat Al-Fatihah adalah sunnah. Kita dianjurkan untuk membaca bacaan surat pendek yang kita hafal pada rakaat pertama dan rakaat kedua setelah membaca Al-Fatihah. 

Membaca doa doa shalat

Sunnah shalat selanjutnya adalah membaca doa doa shalat lainnya. Doa doa shalat yang dimaksud di antaranya doa ketika sedang ruku', doa ketika sedang i'tidal, doa ketika sedang sujud dan doa saat sedang duduk di antara dua sujud.

Salam kedua

Salam termasuk dalam rukun shalat yang tidak boleh ditinggalkan. Namun yang wajib dilakukan adalah salam pertama. Sedangkan hukum melakukan salam kedua adalah sunnah, yang jika tidak dilakukan maka shalatnya tidak batal.



Itulah macam macam sunnah shalat yang dianjurkan untuk dilakukan saat sedang mendirikan shalat. Penjelasan di atas diambil dari berbagai sumber. Tentu hal hal tersebut dianjurkan untuk dilakukan agar kita mendapat ganjaran yang lebih. Semoga ibadah shalat kita bisa diterima oleh Allah.

mokhammad zakky

1 komentar so far

Ilmu yang bermanfaat akan membawa agan ke surga terima kasih info yang memberi kita wawasan lebih mendekatkan diri kepada alloh terima kasih gan salam kenal


EmoticonEmoticon