Sunnah Sunnah dalam Wudhu yang Dianjurkan

Tags

Wudhu adalah kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan diri dari hadas kecil. Seperti diketahui bahwa bersih dari hadas kecil merupakan syarat sah shalat, sehingga sebelum shalat, tentunya kita harus berwudhu terlebih dahulu. Wudhu juga dianjurkan dilakukan sebelum menjalankan ibadah lain seperti membaca Al-Qur'an. Air yang digunakan dalam wudhu haruslah air yang suci dan mensucikan. Wudhu juga memiliki banyak manfaat lain yang dijelaskan dalam ajaran agama Islam.

Wudhu memiliki rukun rukun yang harus dijalankan agar wudhu tersebut diterima dan menjadi sah. Tata cara wudhu juga sudah diatur oleh syari'at, termasuk hal hal yang dapat membatalkan wudhu. Selain itu, terdapat sunnah sunnah wudhu yang bila dilakukan, akan mendapat pahala, namun tidak apa-apa jika tidak dilakukan. Berikut sunnah sunnah wudhu dana penjelasannya selengkapnya.

Sunnah Sunnah dalam Wudhu yang Dianjurkan

Sunnah Sunnah Wudhu


Membaca bismillah
Sebelum berwudhu, kita disunnahkan untuk membaca bismillah. Seperti diketahui bahwa tiap akan melaksanakan aktivitas lain, kita juga dianjurkan untuk membaca 'bismillah'.

Memakai siwak
Kita disunnahkan untuk memakai kayu siwak atau benda penggantinya sebelum berwudhu. Hal ini juga disunnahkan saat akan memulai ibadah lain seperti shalat.

Mencuci telapak tangan
Kita disunnahkan untuk mencuci kedua telapak tangan dan sela-sela jari. Hal ini dilakukan di awal sebelum akan menjalankan wudhu.

Berkumur
Berkumur termasuk sunnah wudhu yang banyak dilakukan. Berkumur dianjurkan dilakukan sebanyak tiga kali.

Membersihkan lubang hidung
Kita juga disunnahkan melakukan intinsyak, yaitu memasukkan air ke lubang hidung sebanyak tiga kali. Dianjurkan juga bahwa kegiatan ini digabungkan dengan berkumur.

Membasuh telinga
Membasuh telinga juga termasuk dalam sunnah wudhu yang dianjurkan. Membasuh telinga meliputi mengusap bagian luar dan dalam telinga.

Menggosok bagian tubuh yang dibasuh
Kita juga disunnahkan untuk menggosok bagian tubuh yang dibasuh, baik yang termasuk rukun wudhu maupun sunnah wudhu.

Membasuh sebanyak tiga kali
Dalam tiap rukun wudhu seperti membasuh tangan dan kaki, kita disunnahkan untuk melakukannya sebanyak tiga kali. Hal ini hukumnya sunnah.

Mendahulukan tangan kanan
Dalam tiap rukun atau sunnah wudhu, kita juga disunnahkan untuk mendahulukan anggota tubuh bagian kanan terlebih dahulu, baru kemudian membasuh yang bagian kiri. 

Melebihkan basuhan
Kita juga dianjurkan untuk melebihkan batas basuhan saat membasuh tangan dan kaki. Hal ini dilakukan agar tidak ada keraguan jika batas bagian tubuh belum terbasuh.

Membaca doa setelah wudhu
Disunnahkan juga untuk membaca doa setelah wudhu sambil menghadap kiblat dan menengadahkan tangan.

Doa setelah wudhu


اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهٗ وَاَشْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهٗ وَرَسُوْلُهٗ، سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَبِحَمْدِكَ اشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّاَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ.اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنَيْ مِنَ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu an laa ilaaha illallaau wahdahuu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh. Subhanakallahumma wabihamdika asyhaduallailahailla anta astagfirukawaatubuilaik. Allaahummaj’alnii minat-tawwaabiin, waj’alnii minal-mutathahhiriin, waj’alnii min ‘ibaadikash-shaalihiin.

Artinya :
"Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang Tunggal, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah aku orang yang ahli taubat, dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh."


Itulah info mengenai sunnah sunnah wudhu dan penjelasannya yang dianjurkan untuk dilakukan dalam ajaran agama Islam. Tentu sebagai muslim, kita disunnahkan untuk menjalankan sunnah sunnah wudhu seperti yang tertera di atas. Sekian info berita Islam terbaru kali ini.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon