Surat Al-Baqarah Ayat 183 Tentang Perintah Puasa Ramadhan

Puasa merupakan suatu ibadah wajib bagi umat Islam. Puasa juga termasuk salah satu dari lima perkara rukun Islam. Hal ini berarti berpuasa di bulan Ramadhan menjadi suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadahan memang menjadi bulan suci bagi umat Islam. Selain diwajibkan menjalankan ibadah puasa, di bulan Ramadan tiap ibadah lain yang kita tunaikan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah. Selama satu bulan penuh, umat muslim saling melakukan kebaikan dan ibadah, mulai dari tadarus membaca Al-Qur'an, beri'tikaf di masjid, menjalankan shalat sunnah tarawih dan masih banyak lagi ibadah lain yang bisa dilakukan.

Perintah puasa Ramadhan disampaikan oleh Allah SWT lewat firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 183. Al-Baqarah merupakan surat urutan nomor dua dalam Al-Qur;an setelah surat Al-Fatihah. Al-Baqarah memiliki ayat yang panjang dan termasuk dalam golongan surat Madaniyyah, yaitu surat yang ayat-ayatnya diturnkan saat Nabi Muhammad berada di kota Madinah. Berikut petikan bacaan lafadz Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat ke-183 lengkap beserta tafsir makna dan arti terjemahannya.

Surat Al-Baqarah Ayat 183 Tentang Perintah Puasa Ramadhan

Surat Al-Baqarah Ayat 183


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


Artinya : 
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)


Makna dan Isi Kandungan Al-Baqarah: 183

Dalam surah Al-Baqarah ayat ke-183 di atas, diterangkan bahwa Allah mewajibkan perintah berpuasa kepada orang-orang beriman. Orang-orang yang beriman akan patuh melaksanakan perintah berpuasa dengan sepenuh hati. Selain itu puasa juga dimaksudkan agar seseorang menjadi bertakwa. 

Dari ayat tersebut, bisa dilihat bahwa terdapat korelasi antara puasa dengan tanda keimanan seseorang. Allah memberi perintah berpuasa pada orang orang yang beriman. Hal ini berarti Allah hanya menerima ibadah puasa dari orang orang yang memiliki iman di dalam jiwanya. Bisa disimpulkan pula bahwa puasa merupakan tanda kesempurnaan keimanan seseorang.

Tentu sebagai seorang muslim yang beriman, kita diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadan pada tiap tahunnya. Kita juga dianjurkan untuk menjalankan ibadah ibadah lain selama satu bulan Ramadhan tersebut. Sekian info Islami kali ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon