Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya

Momen bulan Ramadhan merupakan momen yang spesial bagi muslim di seluruh dunia. Di bulan Ramadhan, kita diwajibkan menunaikan ibadah puasa, dimana kita menahan diri dari rasa lapar, haus dan hal hal lain yang membatalkan puasa pada waktu yang telah ditentukan oleh syariat. Puasa dilakukan mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Setelah menahan rasa lapar dan haus selama seharian, kita boleh berbuka puasa pada waktu maghrib tiba.

Waktu buka puasa memang menjadi waktu yang ditunggu. Kita bisa makan dan minum setelah seharian menahan rasa lapar. Saat berbuka puasa, kita dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa. Doa buka puasa mungkin sudah banyak diketahui oleh muslim yang hafal bacaaannya. Kita bisa mengetahui bacaan doa yang banyak dilafadzkan di TV atau radio saat waktu maghrib tiba.

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan dan Artinya

Namun ternyata doa buka puasa yang banyak diketahui oleh masyarakat berasal dari hadits dhoif yang artinya hadits tersebut lemah. Kebanyakan orang tentu mengetahui doa buka puasa 'Allahumma lakasumtu..." yang sudah banyak diketahui oleh muslim di Indonesia. Berikut lafadz bacaan doa berbuka puasa Ramadhan yang umum diketahui masyarakat Indonesia.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin"

Artinya : 
"Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih"


Doa buka puasa di atas sudah umum, namun ternyata doa berbuka puasa tersebut kurang tepat karena bersumber dari hadits yang lemah. Adapun doa buka puasa yang shahih terdapat pada hadits yang diriwayatkan Ibnu Umar. Berikut hadits Nabi Muhammad SAW tentang doa buka puasa.


كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Artinya : 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: "Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu…" (HR. Abu Daud 2357, Ad-Daruquthni dalam sunannya 2279, Al-Bazzar dalam Al-Musnad 5395, dan Al-Baihaqi dalam As-Shugra 1390. Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).


Dari lafadz hadits Rasulullah SAW di atas, maka dapat disimpulkan bahwa doa buka puasa yang benar sesuai ajaran Nabi Muhammad adalah sebagai berikut.

Doa Buka Puasa yang Benar


ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Teks latin : 
Dzahaba-dz Dzoma’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah

Artinya :
"Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah."



Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai bacaan doa buka puasa Ramadhan beserta teks latin serta arti dan terjemahannya. Memang doa buka puasa yang umum diketahui bisa dibilang kurang tepat dibanding dengan hadits Nabi SAW yang benar. Tentu sebagai muslim kita disunnahkan untuk membaca doa sebelum berbuka puasa. Semoga bisa bermanfaat.

mokhammad zakky

1 komentar so far

Ijin Nyimak Gan - http://umpanpancingessen.com/umpan-ikan-mas-galatama/


EmoticonEmoticon