Sunnah Sunnah Puasa Ramadhan yang Dianjurkan

Tags

Puasa merupakan ibadah yang wajib dijalankan umat Islam saat bulan Ramadhan. Kita diharuskan berpuasa dalam satu bulan penuh dengan menahan rasa lapar, haus dan hawa nafsu serta hal hal yang dapat membatalkan puasa. Tata cara ibadah puasa telah diatur oleh syariat ajaran Islam, mulai dari siapa saja yang wajib menjalankannya, rukun rukun puasa, batasan awal dan akhir waktu berpuasa hingga hal hal yang bisa membuat ibadah puasa kita menjadi batal.

Dalam ibadah puasa, juga terdapat sunnah sunnah yang bisa dilakukan. Sunnah puasa ini sangat dianjurkan untuk dilakukan saat kita sedang berpuasa. Di antara banyaknya sunnah sunnah puasa ini sendiri telah menjadi tradisi saat bulan Ramadhan tiba, contohnya seperti sahur atau shalat Tarawih. Di Indonesia, sahur menjadi tradisi saat bulan puasa dimana saat dini hari banyak penduduk yang membangunkan tetangganya untuk bangun tidur dan sahur dengan kata ucapan selamat sahur

Shalat Tarawih juga menjadi tradisi bulan puasa yang dikenang terutama di Indonesia. Lalu apa sajakah hal dan perkara lain yang menjadi sunnah puasa yang dianjurkan untuk dikerjakan saat berpuasa dan dapat mendatangkan pahala? Berikut ini merupakan beberapa sunnah sunnah puasa yang dianjurkan dikutip dari berbagai sumber dan referensi.

Sunnah Sunnah Puasa Ramadhan yang Dianjurkan

Sunnah Sunnah Puasa


1. Menjalankan Sahur

Orang yang menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk makan sahur terlebih dahulu. Hukum makan sahur ini sunnah sehingga sangat dianjurkan untuk orang yang akan berpuasa, baik puasa Ramadhan atau puasa sunnah di hari-hari biasa lainnya. Dengan melakukan sahur maka kita akan mendapat keberkahan. Sahur berfungsi untuk memperkuat badan agar kita lebih mudah menahan lapar dan haus saat berpuasa. Dianjurkan juga untuk mengakhirkan makan sahur mendekati waktu imsyak, namun tentu tidak boleh sampai terlewat sesuai waktu yang ditentukan.

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Buka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa karena bisa makan dan minum setelah berpuasa seharian. Disunnahkan bagi kita untuk menyegerakan berbuka. Artinya saat masuk waktu Maghrib, kita dianjurkan untuk langsung membatalkan puasa kita, baik dengan hanya minum air secukupnya atau langsung makan makanan. Disunnahkan juga untuk berbuka dengan kurma sebagai takjil sebelum menjalankan ibadah shalat Maghrib.

3. Berbuka dengan Kurma

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sunnah hukumnya berbuka dengan kurma sebanyak tiga kali. Kurma sangat dianjurkan karena mengandung zat gula yang berfungsi untuk membuat tubuh menjadi fit kembali. Jika tidak ada kurma, dianjurkan berbuka dengan air atau makanan yang manis terlebih dahulu sebelum makan.

4. Membaca Doa Buka Puasa

Sebelum berbuka puasa, kita disunnahkan untuk membaca doa buka puasa. Doa sebelum berbuka puasa ini dibaca untuk bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT lewat makanan yang kita makan saat berbuka puasa.

5. Memberi Makan Buka untuk Orang yang Berpuasa

Salah satu sunnah puasa lain adalah memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa. Kita dianjurkan untuk memberi makanan bagi orang lain yang berpuasa dan akan berbuka. Orang yang memberi makanan buka puasa pada orang lain yang berpuasa maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa.

6. Memperbanyak Doa dan Dzikir

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan rahmat dari Allah SWT. Di bulan puasa kita disunnahkan untuk memperbanyak doa dan dzikir. Segala doa dan dzikir yang kita baca saat berpuasa pahalanya akan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

7. Memperbanyak Ibadah dan Amal Kebaikan

Orang yang berpuasa disunnahkan untuk mengisi hari-harinya dengan memperbanyak ibadah dan menjalankan amal kebaikan. Segala bentuk ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan maka pahala yang diterima akan dilipatgandakan. Ibadah dan amal kebaikan yang bisa dilakukan saat berpuasa antara lain membaca Al-Qur;an, i'tikaf di masjid, berdzikir, sedekah dan lain-lain.

8. Menjalankan Shalat Tarawih

Bulan Ramadhan identik dengan ibadah shalat Tarawih. Hukum dari shalat Tarawih di bulan Ramadan adalah sunnah dan sangat dianjurkan. Dianjurkan untuk shalat tarawih di masjid atau musholla terdekat atau bisa sholat sendiri di rumah dengan keluarga. Waktu shalat Tarawih adalah setelah shalat Isya.


Sunnah sunnah puasa tersebut dianjurkan untuk dilakukan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jika kita tidak melakukannya memang tidak apa-apa dan tidak membatalkan puasa kita. Namun alangkah baiknya, jika kita menjalankan sunnah sunnah puasa tersebut, karena selain mendapat pahala, ibadah puasa kita akan lebih bermakna dan lebih sempurna karena diisi dengan ibadah dan kebaikan.

mokhammad zakky


EmoticonEmoticon